Content Marketing: Bermanfaat, Relevan dan Konsisten

apa-itu-content-marketing

Ingin usaha dan produk Anda dikenal luas dengan content marketing?

Memasang iklan mahal di tipi dan media cetak adalah cara terbaik… Itu jaman dulu.

Di jaman internet kayak sekarang, kita dapat melakukan salah satu strategi pemasaran yang akan membuat banyak orang mencari produk kita dan bukan sebaliknya kita yang capek-capek ngejar pembeli. Strategi ini telah dilakukan mulai dari UKM Indonesia sampai brand internasional.

Strategi itu adalah content marketing.

Berikut adalah definisi yang saya suka mengenai content marketing atau pemasaran konten:

Konten Marketing: menciptakan dan membagikan konten yang bernilai dan bermanfaat secara gratis untuk menarik dan mengubah pengunjung menjadi pembeli dan dari pembeli menjadi pelanggan. Konten yang Anda bagikan berkaitan dengan apa yang Anda jual; dengan kata lain Anda mendidik audiens Anda untuk pertama-tama mengetahui bahwa Anda ada, menyukai Anda dan cukup percaya untuk berbisnis dengan Anda.

Sudah tahu definisinya… lalu bagaimana cara kita menggunakan content marketing untuk bisnis? Baca terus.

Apa itu Konten?

Konten bisa jadi hal yang berbeda untuk setiap orang tergantung pada kondisi dan konteksnya.

Tapi pada dasarnya:

  • Konten = informasi
  • Konten = pengalaman
  • Konten = tidak ada yang spesifik

Kita dapat membuat konten apa pun: artikel, gambar, video, presentasi, animasi, poster, rekaman wawancara dan lain sebagainya.

Contoh, jika Anda jualan batik, Anda dapat membuat blog yang memuat artikel seputar sejarah batik di Indonesia, gambar motif batik yang langka, atau video mengenai detail proses pembuatan batik.

Pada blog tersebut dapat kita sisipkan tautan menuju toko online di mana orang yang tertarik bisa membeli batik.

Perhatikan bahwa kita tidak menjual batik secara langsung dan blak-blakan, tapi seperti kata Ustadz Yusuf Mansur: Didik konsumen Anda.

bisnis-yusuf-mansur-content-marketing

Resep Content Marketing

 

resep-content-marketing

Content Marketing atau pemasaran konten dapat disederhanakan menjadi perpaduan antara 3 hal: minat atau kesukaan audiens, cerita yang menarik mengenai produk Anda dan media yang digunakan untuk menayangkan konten.

Kombinasi ketiga hal tersebut di atas akan memberikan Anda konten yang akan menarik audiens untuk mendekat dan mengenal Anda.

 

Bermanfaat, Relevan dan Konsisten

Ada banyak konten yang diterbitkan setiap harinya di internet maupun di media offline. Termasuk yang diterbitkan oleh pesaing Anda. Untuk mendapat tempat di hati audiens, pastikan bahwa konten Anda memiliki 3 hal ini:

  • Bermanfaat. Anda akan menang banyak kalau bisa menyediakan konten yang bisa dipetik manfaatnya oleh audiens Anda. Ingatlah bahwa audiens Anda adalah raja. Berikan konten yang bisa membantunya menyelesaikan masalahnya atau paling tidak bisa membuatnya tersenyum. Menangkan hatinya, sebelum dompetnya.
  • Relevan. Carilah konten yang nyambung. Dengan audiens dan produk Anda. Kalau Anda jualan batik, ya… jangan putar video mengharukan seperti iklan-iklan Thailand yang sudah terkenal bisa membuat Anda meler-meler gak karuan. Kecuali kalau Anda bisa menemukan relevansi di antara keduanya.
  • Konsisten. Batu…kalau kena tetes air secara terus menerus jadi apa? Ya benar…jadi basah dan lumutan. Refresh dulu ah, hehehe. Maksudnya adalah content marketing perlu dilakukan secara bertahap dan rutin, karena tujuannya adalah untuk menanamkan nama Anda dalam benak audiens. Tanpa konsistensi, konten Anda akan menjadi hiburan tanpa ada penjualan.
Satu-satunya cara kita dapat mempertahankan keberhasilan jangka panjang adalah dengan terus melibatkan orang.Click To Tweet

 

Content Marketing dan Penjualan Anda

Kalau kita hanya mempromosikan atau mengiklankan konten dan bukan produk, lah…terus jualannya gimana?

Silakan lihat gambar di bawah ini.

iklan-vs-content-marketing

Gambar di atas adalah perbedaan mencolok antara iklan produk biasa dan content marketing.

Menurut Anda…apakah orang-orang yang melihat status facebook (gambar kanan) tersebut tidak akan tertarik untuk mencari tahu siapa sih yang jualan batik, motif batiknya kayak apa kok bisa sampai tembus ke luar negeri, berapa harganya dan gimana cara belinya?

Kesimpulannya, content marketing adalah cara yang cerdas untuk memasarkan produk atau jasa Anda. Karena Anda memberikan apa yang audiens suka tanpa memaksa mereka untuk membeli produk Anda.

Saya ulangi ya resepnya:

Mulailah dari minat audiens Anda, cari tahu apa yang mereka suka.

Kemudian rajut cerita mengenai produk Anda dengan cara yang kira-kira nyambung dan disukai oleh audiens.

Terakhir, gunakan media yang sesuai untuk konten Anda.

Selamat mencoba dan semoga sukses.