“Karena saya tidak bisa tidak menulis.”

Baru-baru ini saya ada ngobrol sama temen kantor yang sedang punya hobi baru: ngeblog.
Jujur saja, saya semangat mendengarnya.

Sudah hampir 4 tahun bekerja di tempat yang sekarang, dan baru kali ini nemu temen di tempat kerja yang serius ngeblog. Jadilah kami sharing mengenai blogging.

Dengan berbekal pengalaman ngeblog, dimulai dari menggunakan platform blogger di tahun 2004 sampai sekarang dan setahun belakangan ini saya mulai ngeblog di wordpress, sedikit banyak saya bisa cerita tentang aktifitas blogging dan manfaatnya.

Tujuan Ngeblog?

Kalau saya sih karena hobi dan yakin bahwa karya tulis adalah sarana yang tidak lekang oleh waktu untuk meninggalkan jejak saya di dunia. Selain itu, blog sudah terbukti sebagai salah satu sumber pendapatan baik secara part-time atau pun professional.
Mendalami keahlian untuk menulis dan memasarkan blog adalah salah satu investasi terbaik yang akan terus menghasilkan di masa mendatang.
Nah apa sih tujuan temen saya ngeblog?
Dia adalah seorang marketer yang juga memiliki talenta mengajar. Bukan tipikal marketing yang ‘pintar ngomong’ saja, cenderung pendiam malah. Tapi dia bisa membawa diri di hadapan klien dan juga murid-murid kuliahannya.
Bagi dia, hobi baru ini adalah cara yang menarik untuk menyalurkan passionnya. Dengan blog dia bisa berbagi tentang salah satu keahliannya: keuangan.

Cari Uang Dengan Blog

Dia mengaku masih buta soal blog dan bertanya bagaimana sebuah blog bisa menghasilkan uang.
Jawab saya: bikin blog ramai pengunjung, lalu sediakan ruang untuk memasang iklan. Menjual barang dan jasa lewat blog juga umum dilakukan.
Salah satu ilustrasi terbaik dan favorit saya tentang mencari uang dengan ngeblog adalah seperti pada gambar di bawah ini:
Seekor kuda haruslah kuat untuk dapat menarik kereta bukan?
Kuda itu menggambarkan sebuah blog. Untuk menjadikannya kuat, sebuah blog harus dirawat mulai dari kelahirannya, sampai dia bisa berjalan dan berlari.
Kereta kuda adalah apa yang Anda inginkan dari sebuah blog. Tapi tempatnya adalah di belakang kuda. Sebelum Anda dapat menikmati hasil, blog Anda harus kuat dan berada pada tempat yang benar.
Jika tidak maka blog Anda tidak akan pergi ke mana-mana.

Cara Membuat Blog Menjadi Kuat:

  • Cintai blog Anda. Bayangkan seorang anak lahir tanpa cinta orang tuanya: tidak betahan lama. Jika Anda mencintai blog Anda, dia akan membawa Anda ke tempat yang Anda inginkan.
  • Rawatlah dengan telaten. Cara merawat blog adalah menyuapinya dengan konten-konten (tulisan) yang memiliki gizi dan bermanfaat. Berikan makanan kepada seorang anak, makanan yang Anda sendiri pun mau makan.
  • Ajak dia berteman. Blog itu seperti manusia. Dia tidak dapat berdiri sendirian. Ada istilah blogwalking, yaitu menjalin tali silahturami dengan sesama blogger dengan meninggalkan komentar, menulis tentang blog orang lain, ajak blog Anda bermain di sosial media dan kenalkan kepada dunia.
  • Perbaiki penampilannya. Pernah dengar “jangan nilai sebuah buku dari sampulnya”? Anda bisa ngomong seperti itu kepada teman Anda. Tapi ternyata, jika seseorang belum pernah mengenal Anda hal pertama yang dinilai adalah penampilan. Blog perlu tampil sesuai dengan temanya. Kurangi hal-hal tidak perlu yang dapat memberatkan loading.
  • Lindungi blog Anda. Blog yang muda dan kurang pengalaman selalu sasaran empuk para hacker. Ketika blog Anda mulai ramai pengunjung, hacker pasti mampir. Berikut langkah sederhana melindungi blog:
    • Back-up. Serangan hacker seperti apa pun bisa diatasi jika Anda memiliki back-up.
    • Lakukan langkah-langkah pengamanan. Istilahnya adalah hardening. Buatlah blog susah ditembus dengan menggunakan strong password, 2 step verification, security plugin dan antivirus/ antimalware.

Lalu Apa?

Imajinasi Anda adalah batasnya.
Blog dapat menjadi apa pun yang Anda inginkan: tempat curhat, tempat sharing keahlian dan hobi, buat nyari temen, nyari uang, pamer foto, koleksi video dan lain sebagainya.

Sebuah blog yang kuat akan mempengaruhi orang-orang.

Tentang keputusannya memilih tempat makan malam, gadget terbaru apa yang harus dibeli, bagaimana menjaga agar ikan di akuarium tetap hidup, mau beli apa uang ini: saham atau emas? Bahkan menyelamatkan nyawa!
Jadi, tunggu apa lagi?
Mulailah menulis blog Anda sendiri.
Karena waktu terbaik untuk mulai ngeblog adalah sebelum tahun 2005 (blog booming), dan waktu terbaik kedua adalah saat ini juga.
P.S: ayo kunjungi blog temen saya yang sarat informasi mengenai keuangan: Bukan Pohon Uang