7 Jenis Konten Terbaik untuk Menarik Pengunjung Blog

7-Jenis-Konten-Terbaik-untuk-mendatangkan-pengunjung-blog

Kalau Anda sedang merasa bingung karena nggak tahu harus bikin artikel apa lagi untuk mengisi blog, maka Anda sedang berada di tempat yang tepat.

Artikel kali ini membahas tentang 7 jenis konten terbaik untuk mendatangkan lebih banyak pengunjung ke blog Anda dan membuat isinya lebih bervariasi.

Ayo kita mulai!

List Post

Artikel berupa list sangat populer di internet. Karena relatif mudah untuk dibuat, mudah juga untuk dibaca dan dipahami.

Dengan demikian, list post menempati posisi pertama sebagai salah satu tipe konten terbaik untuk mengisi blog Anda.

Berikut adalah contoh-contoh list post yang sukses menarik pengunjung:

25 Blogger Terbaik di Indonesia Berbagi Lebih dari 81 Tips Membuat Blog yang Sukses oleh PanduanIM.com

Artikel ini sudah dibagikan lebih dari 2000 kali di sosmed. Angka tersebut menunjukkan kalau artikel ini populer.

Menurut saya pribadi, artikel Mas Darmawan ini adalah salah satu contoh list post terbaik.

…Bayangkan, setelah mewawancarai 25 blogger terkemuka di Indonesia, mas Darmawan merangkum tips-tips ngeblog terbaik yang diberikan oleh mereka.

Kita dapat segera mengetahui hal-hal terbaik mengenai ngeblog hanya dalam satu artikel saja. Luar biasa!

Tips: List post yang sarat informasi berguna serta tidak mudah ditemui di tempat lain seperti contoh di atas akan membuat blog Anda menarik banyak pengunjung.

7 Cara Paling Ekstrem untuk Bermain Sepakbola – ftb90.com

Para pembaca yang menyukai list post biasanya berasal dari usia yang lebih muda. Sehingga, list post yang berupa infotainment seperti ini juga sangat diminati.

Tips: Pastikan bahwa list post yang Anda buat nyambung dengan tema utama dari blog Anda.

Contoh, artikel tentang komik doraemon tentu lebih nyambung dengan blog anime dibandingkan untuk blog olah raga atau lifestyle.

5 Cara Mengecilkan Perut Tanpa Olahraga – FHM

Siapa yang ingin punya perut langsing? Tanpa Olahraga? Hahaha…

Artikel ini memuat tips yang dicari oleh banyak orang (termasuk saya..hehe) dan setelah dicoba, saya pun dapat merasakan manfaatnya.

Tips: Dengan menambahkan gambar sebagai heading di setiap poin dapat membuat artikel Anda terlihat lebih menarik dan enak dibaca.

Sekarang…

… Coba ingat-ingat kembali tulisan-tulisan Anda sebelumnya.

Apakah ada yang dapat diubah bentuknya menjadi list post?

Jika Anda pernah menulis tentang pengalaman liburan ke Lombok, maka Anda dapat membuat list post misalnya:

  • 10 Hal yang Harus Anda lakukan di Lombok bersama Pasangan
  • 5 Makanan Khas Lombok yang Menggoda Lidah
  • 7 Kisah Misterius di balik Keindahan Alam Lombok

Sudah ada ide mau nulis list post apa?

Tulis ide Anda tersebut sekarang juga. Jangan sampai lupa!

Saya akan menunggu…

…Sudah?

Oke, ayo kita lanjutkan.

 

Kata Kutipan

Yang ini juga relatif mudah untuk dibuat.

Orang-orang menyukai kata-kata mutiara. Karena kadang sebuah kalimat yang tepat, dapat mengubah pemikiran orang dengan cara yang ajaib.

Jadi, kalau Anda memiliki kata kutipan favorit, jangan ragu untuk membagikannya melalui blog Anda. Siapa tahu, ada seseorang nun jauh di sana yang membutuhkannya.

Kuncinya adalah, masukkan kata kutipan pilihan Anda ke dalam sebuah gambar.

Gambar tersebut kemudian dapat Anda share di social media, lengkap dengan alamat blog Anda atau username instagram Anda (contoh: @blogivan).

Mengkombinasikan teks berisi kata kutipan dengan gambar yang nyambung akan meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan banyak like dan komen.

Dengan demikian, kemungkinan agar pengunjung blog bertambah pun semakin besar.

Untuk membuat visual yang bagus di PC kita bisa menggunakan Canva.com.

Sementara untuk gambar background yang bagus dan gratis kita dapat menggunakan Pixabay.com atau hasil jepretan kamera kita sendiri.

Punya kata kutipan favorit?

Ayo bagikan lewat blog Anda sekarang juga. Sertakan juga cerita di balik kata-kata tersebut.

 

Video

Video is everywhere!

Termasuk untuk blogger. Dan akhirnya, lahirlah video blogger, atau vlogger.

Beberapa ide untuk video Anda:

  • Tutorial
  • Review
  • Entertainment
  • Test produk

Di bawah ada beberapa contoh video yang dibuat oleh vlogger beken Indonesia:

Entertainment: Tim2One
Dengan hape berkamera dan kreatifitas, Anda dapat membuat konten video sekarang juga. Sementara untuk proses editing, dapat menggunakan software bawaan windows yaitu Movie Maker.

Artikel Review

Artikel review adalah salah satu jenis konten yang paling dicari para pengunjung blog. Terutama oleh para pembaca yang sedang bersiap-siap untuk membeli sesuatu.

Entah itu gadget terbaru di mana belum ada yang punya, paket liburan ke pantai eksotis anti-mainstream di Indonesia atau hang out di salah satu rooftop di langit Jakarta.

Karena itulah food blogger dan travel blogger cepat meraih kepopuleran.

Tidak ada yang mau ambil resiko membeli kucing dalam karung.

Blogger penulis review, sebaliknya bersedia mengambil resiko tersebut dan menuliskan pengalamannya seobjektif mungkin.

Kemudian membagikan pengalamannya tersebut dengan cara yang menarik.

Sehingga, kita bisa memilih tempat makan paling instagramable di Bandung beserta kamera mirrorless yang paling sesuai untuk kebutuhan tersebut tanpa perlu takut membeli kucing dalam karung lagi.

Netizen are getting smarter!

 

Tips untuk penulis artikel review:

Jika artikel Anda adalah paid/sponsored review atau endorsement, maka pastikan pembaca mengetahui dengan jelas hal tersebut.

Bisa dengan kalimat disclaimer yang menyatakan bahwa artikel tersebut adalah advertorial di mana Anda telah menulis review yang objektif dan tidak terpengaruh bias.

Hal ini akan membuat para pembaca respek terhadap Anda, dan tidak merasa terganggu ketika mengetahui belakangan bahwa tulisan yang Anda buat adalah salah satu bentuk iklan yang menarik.

Guest post

Nah ini menarik.

Ini adalah tipe konten yang tidak Anda buat sendiri. Tapi, dibuat oleh blogger lain untuk mengisi ruang di blog Anda.

Seperti namanya, ini adalah artikel yang ditulis oleh penulis tamu.

Apa untungnya?

Anda mendapatkan konten yang berkualitas tanpa perlu membuatnya sendiri, dan penulis guest post tersebut akan mendapatkan pengunjung dari blog Anda melalui link yang ada di dalam tulisannya.

Simbiosis mutualisme antara sesama blogger.

Anda pun dapat menjadi guest blogger, dan menulis konten untuk diterbitkan di blog orang lain. Pastikan, blog yang dituju memiliki topik yang nyambung dengan tulisan ataupun topik utama blog Anda.

 

Infografis

infografis

Tidak diragukan lagi.

Ini adalah salah satu jenis konten yang terbukti mampu mendatangkan banyak pengunjung!

Infografis adalah sebuah konten visual yang dibuat dengan tujuan menyajikan hal yang rumit bin njelimet menjadi mudah dimengerti.

Contoh…

…Banyak orang yang ingin mengetahui seluk beluk cara mengelola keuangan pribadi, tanpa harus dipusingkan dengan istilah-istilah teknis.

Jika Anda bisa menyajikan hal tersebut semudah dan menyenangkan layaknya membaca sebuah komik, maka orang-orang akan mencari informasi lebih lanjut di blog Anda.

 

Setiap topik yang menarik dapat dijadikan infografis, tapi sekali lagi, topik tersebut harus sesuai dengan blog Anda sehingga menimbulkan kesan konsisten dan profesional.

Untuk membuatnya, dapat menggunakan tool online berikut ini:

Tool-tool online tersebut di atas menyediakan template yang dapat dipakai langsung untuk membuat infografis yang menarik. Jadi, tidak perlu khawatir jika Anda merasa tidak memiliki skill desain sekalipun.

 

Wawancara

Dan terakhir.

Wawancara adalah konten yang bisa berbentuk tulisan, rekaman audio dan video.

Seperti artikel milik mas Darmawan dari PanduanIM.com yang mewawancarai 25 blogger terbaik Indonesia dan merangkumnya menjadi sebuah artikel blog, banyak pembaca akan mendapatkan manfaat dari artikel yang berisi intisari dari wawancara Anda.

Kini, wawancara tidak perlu dilakukan secara offline atau tatap muka. Anda dapat melakukan wawancara via whatsapp, Facebook messenger atau email.

Yang penting Anda dapat merangkum hasil wawancara tersebut dan menyajikan dengan struktur yang mudah dimengerti dan enak dibaca.

 

Kesimpulan

Anda telah mengetahui beberapa tipe konten yang dapat dimuat oleh sebuah blog. Jadi, blog tidak melulu berisi teks.

Untuk mendatangkan banyak pengunjung ke blog, Anda perlu mengetahui konten seperti apa yang dicari oleh mereka. Jenis-jenis konten tersebut di atas terbukti sebagai konten terbaik untuk itu.

Dan memang, untuk membuat konten visual seperti video atau infografis memerlukan kemampuan yang belum tentu kita miliki.

Di jaman crowdsourcing sekarang ini, Anda dapat mendelegasikan hal tersebut kepada ahlinya. Anda dapat mencarinya di marketplace penyedia jasa freelancer seperti fiverr, projects.co.id, freelancer dan odesk.

Sekarang giliran Anda, apakah Anda ingin membagikan pengalaman pembuatan konten di blog Anda? Apakah banyak pengunjung yang datang untuk melihat konten tersebut?

 

Suka Dengan Artikel Ini?
Langganan Email Yuk!
Join!
Bisa Berhenti Langganan Kapan Aja, Ayo Join Sekarang!
  • makasih infonya mas. moga kita terus konsisten dalam berkarya. salam