Meledakkan Traffic Blog dengan Viral Konten & Facebook Ads

“Orang menulis blog untuk dibaca oleh orang lain. Jika ada yang mengatakan berbeda, dia bohong.”

Punya blog yang rame pengunjung itu enak.

Bayangkan melihat statistik blog Anda mencapai lebih dari 10,000 pengunjung per hari, rasanya bangga kali.

Selain itu, kalau pembaca sudah suka dan percaya dengan apa yang Anda tulis sesungguhnya mereka telah berubah dari sekedar pembaca menjadi pengikut. Dan akan dengan senang hati membagikan tulisan Anda pada komunitas sosialnya.

Kenyataannya, mendatangkan pembaca adalah pergumulan terberat di awal perjalanan seorang blogger.

Traffic.

Demikian para blogger menyebutnya.

Dan ada blogger-blogger sukses yang mampu mendatangkan ribuan traffic setiap harinya dan akan dengan mudah mengubah traffic tersebut menjadi pelanggan dan membeli produk yang mereka tawarkan.

Produk dapat berupa:

  • barang fisik. Tas, sepatu, baju dan lain sebagainya.
  • produk digital. software, internet marketing tool, ebook.
  • space iklan. blog yang ramai diincar banyak pengiklan.
  • jasa design website
  • dll, dll

Tulisan kali ini berupa langkah-langkah yang bisa Anda ikuti dan modifikasi untuk meledakkan jumlah pengunjung ke blog Anda.

 

1. CARI: Konten Viral / Trending

Konten viral adalah konten yang mendapat respon spontan oleh sejumlah besar pembaca dalam waktu relatif singkat. Anda pasti pernah melihat ada postingan di facebook yang mendapat respon berupa likes, comment atau share dalam jumlah besar padahal baru saja diposting.

Semakin viral sebuah postingan, akan semakin banyak orang mencari dari mana sumber postingan tersebut. Jika Anda berhasil membuat sebuah status menjadi viral, orang akan mencari blog Anda. Hasilnya, traffic blog Anda akan meningkat tajam.

Membuat sebuah postingan blog atau pun status viral memang tidak mudah. Tapi menconteknya lain perkara.

Idenya adalah: temukan sebuah postingan viral yang berkaitan dengan blog Anda lalu modifikasi.

Contoh: jika blog Anda tentang kesehatan dan kecantikan, sebisa mungkin carilah sebuah konten viral milik orang lain dalam ranah yang sama.

Tools yang bisa Anda gunakan:

 

2. MODIFIKASI: Membuat Gambar Yang Menarik Perhatian

Setelah Anda menemukan sebuah konten viral, sekarang saatnya untuk membuat sebuah gambar untuk diposting ke social media.

Survey membuktikan, gambar dengan teks adalah salah satu cara terbaik yang telah teruji untuk merebut perhatian pembaca. Anda bisa membuatnya dengan bantuan meme generator.

Tips:

  1. Cari gambar yang menarik dan mencolok. Gambar dengan fokus objek yang jelas dan warna yang mencolok akan lebih mudah untuk menarik perhatian.
  2. Buat teks dengan kata-kata yang menarik.

3. Mudahkan Pembaca untuk Menulari Komunitasnya

Setelah selesai membuat gambar dengan teks, selanjutnya tinggal memposting status dengan gambar tersebut dan sematkan link menuju artikel berisi gambar tersebut di blog Anda.

Letakkan tombol sharing konten blog Anda di tempat-tempat yang strategis seperti sebelum dan sesudah artikel Anda. Semakin menarik artikel Anda, orang akan ingin membagikannya lewat facebook atau twitter.

Jika Anda menggunakan wordpress berbayar, Anda bisa menambahkan plugin social sharing seperti Easy Share plugin, Addthis atau Social Warfare. Plugin tersebut menampilkan tombol social share yang sexy dan membuat orang tergoda untuk membagikan artikel Anda.

Perhatikan gambar berikut:

viral konten facebook

4. Manfaatkan Kekuatan Facebook Ads

iklan facebook ads

Facebook ads (iklan facebook) adalah salah satu cara promosi terbaik saat ini.

Kenapa?

Karena hanya dengan facebook Anda dapat memilih secara detail siapa yang boleh melihat iklan Anda. Bahkan Anda bisa membuat orang yang telah mampir ke website/blog Anda untuk terus-menerus melihat iklan Anda setiap mereka log in ke facebook.

Jika Anda melakukan dengan benar, maka beriklan di facebook menjadi solusi yang MURAH dan tepat guna. Tapi untuk yang masih baru, iklan facebook juga bisa menjadi mahal.

Karena itu ikuti tips di bawah ini sebelum mulai ngiklan.

Tips Supaya Tidak Kebobolan Ngiklan di Facebook:

  1. Pastikan kurs iklan facebook Anda dalam IDR (rupiah). Kalau dalam USD atau mata uang lain, biaya iklan tergantung terhadap pergerakan kurs.
  2. Pastikan Anda memasang limit. Yaitu sejumlah uang yang akan Anda sisihkan untuk budget beriklan. Tanpa menetapkan limit, iklan Anda dapat menelan biaya tanpa batas. Sebatas limit kartu kredit Anda tentunya.
  3. Tentukan berapa lama Anda ngiklan dan budget iklan Anda. Berbeda dengan limit yang berlaku untuk semua iklan Anda. Budget adalah limit yang anda tetapkan untuk per satuan iklan yang Anda buat.

Contoh di bawah ini adalah contoh yang buruk di mana setiap klik menuju ke website dihargai Rp 1,138/klik.

MUAHAL!!!

facebook ads targeting

 

Setelah Anda menjalankan semua langkah tersebut di atas, selanjutnya adalah mengevaluasi performa iklan yang Anda buat.

  • Berapa biaya per tindakan yang diambil pembaca?
  • Apakah tujuan Anda terhadap pemirsa iklan Anda (klik ke website, menonton video, meningkatkan view posting di fan page, dll) tercapai?
  • Apakah audiens (pemirsa) iklan Anda sudah benar-benar tertarget?
  • Apakah Anda menghasilkan Penjualan? Kalau iya, apakah sepadan dengan biaya iklan yang Anda keluarkan?
  • Apakah Konten Anda menjadi Viral?

Iklan Facebook memang bisa menjadi mahal. Oleh karena itu, kita harus menetapkan tujuan utama dari iklan kita.

 

Jika Anda punya pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman seputar viral konten dan facebook ads, yuk kita ngobrol di kolom komentar = )

Daftarkan email Anda pada kotak yang tersedia di bawah untuk menerima update langsung ke email Anda.