Template Strategi Internet Marketing Terbaik 2016

KUPAS TUNTAS STRATEGI INTERNET MARKETING

Apakah sampai detik ini Anda masih blur mengenai apa itu internet marketing?

…Atau ingin memulai bisnis online tapi tidak tahu harus mulai dari mana?

Selesai membaca tulisan ini, Anda akan mendapat gambaran tentang bagaimana Internet Marketing bekerja secara keseluruhan… dan mengetahui apakah Anda sudah menjalankan strategi yang tepat untuk bisnis online Anda.

Internet marketing adalah dunia yang luas. Dan saya tidak mengatakan Anda akan menjadi seorang ahli dalam sekejap hanya dengan membaca tulisan ini. Saya sendiri juga masih mempelajarinya.

Tapi…saya semangat untuk berbagi mengenai sebuah gambar tentang alur internet marketing.

Mari kita bayangkan kalau Internet Marketing adalah sebuah ‘bawang’.

Ibarat mengupas bawang, kita akan mulai dari melihat bawang tersebut secara keseluruhan terlebih dahulu. Sebelum masuk lebih dalam.

Shall we start?

Mengapa Internet Marketing?

Pernah membaca tentang bagaimana seorang anak muda pembuat tas berhasil menembus pasar luar negeri bermodalkan youtube, blog dan facebook saja?

Atau tentang bagaimana seorang ibu rumah tangga berhasil membuat orang-orang di seantero Indonesia mencicipi sambal buatannya? Padahal si ibu tidak pernah beriklan di tv atau koran.

Kita hidup di jaman internet.

Di mana Google Map seolah membuat pepatah “malu bertanya, sesat di jalan” hampir tidak terpakai lagi, dan buku telepon Yellowpages yang dulu menjadi andalan untuk mencari produk atau jasa, menjadi benda antik.

google-indonesia

 

Untuk mencari barang atau jasa yang dibutuhkan… orang-orang tinggal bertanya pada Google.

Selanjutnya, terserah… apakah kita ingin agar orang-orang menemukan bisnis kita?

Atau pesaing?

Punya Bisnis? Anda Butuh Template Strategi Internet Marketing

template-strategi-digital-marketing

Download di sini: Template Strategi Internet Marketing Terbaik 2016 

Tanpa panduan yang lengkap dan sederhana, kita bisa saja tersesat ketika ingin belajar mengenai internet marketing.

Di internet memang banyak sekali bahasan mengenai hal ini. Terlalu banyak.

Oleh karena itu saya beruntung bisa menemukan template ini ketika sedang browsing.

Template ini telah digunakan oleh berbagai macam bisnis mulai dari kosmestik, medis, web design, edukasi, properti dan bahkan jasa keuangan untuk menarik lebih banyak pelanggan dan keuntungan.

Dibuat oleh Adam Franklin dan teman baiknya, Toby Jenkins. Mereka adalah penulis buku yang berjudul Web Marketing That Works. Mereka memulai usaha sebagai tim desain website, sebelum akhirnya bisnis mereka berevolusi menjadi konsultan bisnis online.

…Anda sudah melihat si ‘bawang’ secara keseluruhan.

Sekarang, ayo kita kupas perlahan…

 

Website

website

Website Anda adalah pusat komando.

Seumpama puzzle, website Anda adalah potongan yang paling penting dari semuanya. Karena segala kemungkinan transaksi akan terjadi melalui website Anda.

Yang dimaksud website di sini bisa berarti web toko online atau e-commerce yang Anda miliki. Idealnya dibuat dengan menggunakan wordpresshosting website dan nama domain yang berbayar.

Anda harus membangun website Anda sendiri, supaya tidak perlu bergantung kepada pihak ketiga penyedia marketplace. Dengan demikian Anda memiliki kontrol sepenuhnya tanpa perlu khawatir sewaktu-waktu digusur.

Anda juga butuh Landing Page…

Sederhananya, landing page adalah sebuah halaman web tempat pengunjung mendarat (landing). Sebuah halaman web yang Anda harap adalah yang pertama kali dikunjungi.

Tapi dalam dunia marketing dan advertising, landing page telah menjelma menjadi sebuah halaman web yang terpisah dari website utama. Yang dibuat untuk fokus kepada 1 tujuan utama.

Ada 2 jenis landing page berdasarkan tujuannya.

  • Click Through Landing Page: Landing page yang dikhususkan untuk membujuk pengunjung untuk menuju halaman web lain. Biasanya digunakan oleh website ecommerce untuk memberikan gambaran mengenai produk yang ditawarkan. Langkah ini perlu, untuk memberikan ‘pemanasan’ kepada pengunjung dan membuat mereka semakin mudah untuk melakukan pembelian. Contoh: Gara-gara Facebook (bukan link affiliasi)
  • Lead Generation Landing Page: Digunakan untuk satu tujuan –> menangkap data pengunjung, seperti nama dan alamat email. Informasi ini kemudian akan digunakan dalam praktik email marketing untuk berkomunikasi dan menawarkan produk dari waktu ke waktu. Contoh: blogivan.com.

Ketika membuat website atau landing page, minta desainer Anda untuk menggunakan design yang responsif, sehingga nyaman dilihat melalui smartphone atau tablet. Selain itu perhatikan juga kecepatan loadingnya.

Cek kecepatan loading website Anda di: gtmetrix.com

Di atas 4 detik sudah masuk kategori lambat.

 

Outcomes

outcomes

Kemudian di sebelah kanan…

Outcomes adalah hasil yang ingin Anda capai.

Penjualan perdana, kemudian kontinuitas bisnis dan peluang untuk menjual lebih banyak lagi.

Sebelum membeli apa pun dari kita, seseorang akan melewati tiga tahap ini: kenal, suka dan percaya.

Kita tentu ingin agar banyak pelanggan yang merasa nyaman untuk terus membeli dari kita. Namun sebelum itu, mereka perlu kenal dulu dengan kita.

Dan mereka perlu tahu bagaimana cara untuk bisa terhubung dan berkomunikasi dengan kita.

Pada gambar di atas, kita lihat ada kolom di mana TRUST (tingkat kepercayaan) calon pelanggan bertumbuh seiring dengan terjalinnya hubungan antara kita dan mereka.

Sebelum hubungan itu terjalin bagaimanapun, mereka harus dapat menemukan cara untuk terhubung (untuk pertama kalinya) dengan kita.

Bisa melalui media sosial, email marketing atau webinar.

Masing-masing topik di atas akan memerlukan sebuah training tersendiri, karena memang cara-cara itu sangat powerful untuk membuat orang-orang untuk mengenal, menyukai dan mempercayai Anda.

Contoh, di blog ini saya menyediakan produk digital yang bisa didownload secara gratis. Sebagai lead magnet.

Lead Magnet adalah sesuatu yang kita tawarkan secara gratis kepada para prospek supaya mereka mau memberikan informasi kontaknya. Kontak yang dimaksud bisa berupa email, nomor telepon, dan/atau alamat. -panduanim.com

Bentuk lead magnet bisa berupa:

  • e-book
  • voucher/kupon diskon
  • template desain
  • checklist
  • video tutorial
  • undangan webinar
  • software/plugin
  • bahkan… produk fisik untuk diberikan sebagai hadiah

Untuk mendapatkannya, pengunjung blog perlu mengisi alamat email mereka di form yang sudah saya sediakan. Dengan demikian saya mendapatkan izin untuk berkomunikasi dengan mereka waktu demi waktu.

Inilah jalurnya: sebuah produk gratis untuk didownload, lalu kesempatan untuk berkomunikasi dan berharap orang-orang yang tepat akan bergabung dan kemudian membeli produk dan jasa yang kita tawarkan.

Kira-kira seperti itulah perjalanan yang akan dilalui oleh orang-orang yang mengunjungi website Anda.

Tapi ingat…

Kunci sukses menggunakan lead magnet ada 2:

  1. Lead magnet harus relevan/nyambung dengan target market Anda.
  2. Item yang digunakan sebagai lead magnet dibuat semenarik mungkin.

Karena saya memilih topik internet dan social media marketing sebagai topik utama blog ini, tentu kurang nyambung kalau saya ngasih lead magnet berupa voucher diskon nginap di hotel kan?

Saya memilih untuk memberikan template desain kartu nama yang khusus dibuat untuk para pelaku internet marketing.

Dan sejauh ini, lead magnet tersebut cukup efektif untuk mendapatkan subscriber yang memang berkecimpung di dunia online.

Tapi tentu saja mendatangkan pengunjung ke website Anda adalah membutuhkan perjuangan tersendiri, karena ada jutaan website di internet.

Bagaimana orang-orang menemukan website Anda?

Ada 3 cara utama.

Yang pertama adalah melalui Google.

Search

searches

Kita semua menggunakan Google kan?

Ketika kita mengetik sesuatu ke dalam kotak itu, ada 2 tipe hasil pencarian.

Ada yang muncul secara organic. Secara alami tanpa ngiklan.

Ini adalah website atau blog yang telah menerapkan teknik SEO (Search Engine Optimisation) supaya muncul di daftar teratas dalam pencarian melalui Google.

Yang kedua adalah yang muncul sebagai hasil ngiklan di Google Adwords, dikenal sebagai SEM (Search Engine Marketing).

Kedua teknik ini sangat efektif untuk membuat orang-orang menemukan website Anda.

Dengan SEO, tanpa perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk beriklan, Anda cukup bekerja keras di awal dan idealnya Anda akan tetap terlihat di Google untuk waktu yang cukup lama.

Jika memilih beriklan melalui Google Adwords, Anda benar-benar membayar untuk setiap klik yang menuju website Anda. Jadi, begitu Anda berhenti menyuapi Google, Anda akan lenyap dari hasil pencarian.

 

Backlinks

backlinks

Cara kedua bagi orang-orang untuk menemukan Anda adalah melalui back link.

Back link adalah tautan dalam website orang lain, yang jika diklik, akan membawa pengunjung menuju website Anda (Saya memasukkan beberapa back link yang menjadi daftar pustaka di bagian akhir tulisan ini).

Anda juga bisa membuat blog sendiri. Mengisinya dengan artikel, gambar atau video dan kemudian memasukkan link menuju website Anda.

Sebuah back link mungkin juga dimasukkan oleh seseorang yang menulis sebuah artikel dan menyebut tentang Anda dalam blog mereka.

Mungkin juga sebuah artikel tentang bisnis Anda di portal berita.

Anda juga bisa mendapatkan back link dengan cara guest blogging.

Carilah blog yang memiliki topik yang nyambung dengan website Anda dan tawarkan diri untuk menulis sebuah artikel gratis untuk ditukar dengan link website Anda.

Cara lainnya: menjangkau komunitas blogger dan menawarkan ‘sponsored review’.

Anda menghubungi blogger yang menuliskan topik yang nyambung dengan produk/jasa yang Anda jual, dan minta mereka untuk menulis artikel review.

Di dalam artikel tersebut mereka akan memuat satu atau lebih link menuju website Anda.

Tidak semua back link memiliki kualitas yang sama.

Jauh lebih bermanfaat mendapatkan sedikit back link dari situs/blog yang terkenal, dibandingkan dengan mendapatkan ribuan links dari website-website berkualitas rendah.

Semakin banyak back link berkualitas yang Anda dapatkan, membuat website Anda memperoleh ranking yang lebih baik di Google.

Social Media & Content Marketing

social-media-and-content-marketing

Cara ketiga untuk orang-orang menemukan website Anda adalah melalui bola sirkus yang berada di bawah.

Yup! Social media dan content marketing.

Nah, di sinilah berkumpul segala macam platform social media yang mungkin sering atau tidak pernah Anda dengar sebelumnya… tergantung seberapa aktif Anda di dunia online : )

Tenang… kita tidak perlu menguasai semuanya.

Bahkan banyak yang telah membuktikan, fokus di salah satu platform juga sudah bisa memberikan hasil yang memuaskan.

Intinya adalah, kita menggunakan social media ini untuk membagikan konten (gambar, artikel, video).

Setiap platform social media itu berbeda.

Jika Anda menjual jasa atau produk untuk para profesional, fokuslah di Linkedin.

Jika Anda mengandalkan video untuk menunjukkan demo produk. gunakan Youtube.

Jika target market Anda berusia remaja atau dewasa muda dan melek digital. gunakan Twitter.

Jika anda menjual kue, fashion, pernak-pernak, kerajinan tangan, aksesoris dan cinderamata. Gunakan Pinterest atau Instagram.

Jika Anda ingin mentarget secara spesifik target market Anda berdasarkan demografi (usia, jenis kelamin, status sosial, minat), gunakan Facebook.

Dan masih banyak social media lain seperti Google+, Tumblr, Reddit, Forum (Kaskus, Indogamers). Pertanyaannya, apakah target market Anda ada di sana?

Social media akan tumbuh dan tumbang silih berganti (ingat Friendster?).

Yang menghubungkan semua social platform dengan website adalah blog Anda.

Blog merupakan bagian dari website Anda.

Website berisi informasi statis mengenai produk dan jasa Anda, sedangkan blog Anda akan menjadi rumah bagi konten-konten dinamis yang bisa Anda bagikan melalui Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram dan lain sebagainya.

Yang perlu Anda lakukan dengan blog Anda adalah:

  • Tulis 2-5 konten pilar. Yaitu konten yang selalu dicari banyak orang untuk waktu yang cukup lama. Contoh: “Review: Tools Internet Marketing Terbaik 2016” bukan pilar konten, tapi “Checklist: 7 Hal yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Membeli Tools IM Apapun”. Seperti namanya, konten ini akan menjadi pilar atau dasar yang menentukan ke mana blog Anda mengarah.
  • Lakukan riset mendalam tentang buyer persona Anda dan keyword (baik informasional maupun komersial) sebelum Anda menginvestasikan waktu untuk membuat konten pilar.
  • Variasikan dengan beberapa konten ringan, tapi tetap nyambung dengan topik blog Anda.
  • Pastikan… sekali lagi, pastikan konten pilar Anda memiliki judul yang hebat.
  • Selalu gunakan gambar yang keren dalam posting blog Anda. Gunakan tool gratis seperti Canva.
  • Hindari Jargon (kata-kata teknis). Blog bukan untuk menunjukkan seberapa pintar kita, tapi seberapa berguna konten kita untuk para pengunjung.
  • Sertakan tombol yang memudahkan pengunjung untuk melakukan ‘share’ terhadap konten Anda. (Social Media Sharing Button)
  • Dan tentu saja… link menuju website Anda.

Selain itu Anda bisa membuat Apps, Anda juga bisa membuat podcasts dan salah satu yang terbaik… e-mail marketing.

Seiring dengan Anda membagikan konten, dan kemudian orang-orang akan melakukan share terhadap konten itu, yang sebenarnya terjadi adalah membuat lebih banyak orang untuk mengenal Anda.

Kemudian mereka akan mengklik link yang membawa mereka ke blog Anda, kemudian… semoga saja mereka membaca artikel blog, lalu mereka mengikuti ajakan untuk mendownload sesuatu.

Ketika mereka ingin mendownloadnya, semoga saja mereka memberikan email terbaiknya, sehingga Anda memiliki kesempatan untuk terhubung dengan mereka, siapa tahu nantinya mereka menghubungi Anda dan kemudian membeli sesuatu dari Anda.

Semakin banyak orang yang masuk ke website Anda, pusat komando Anda… maka semakin banyak orang akan masuk dalam ekosistem Anda dan lebih banyak lagi orang yang dapat menjalani proses kenal, suka dan percaya untuk melakukan bisnis dengan Anda.

 

Ini adalah permulaan

Sekarang kita sudah selesai mengupas si ‘bawang’… dan menggunakannya untuk membuat ‘masakan’ yang enak.

Jika Anda seorang pemilik bisnis, manager marketing atau netpreneur… sekarang Anda bisa mengerti secara visual bagaimana internet marketing bisa membantu bisnis Anda.

Download templatenya di sini: Template Strategi Internet Marketing Terbaik 2016

Tulisan ini membantu?

Anda bisa membagikan tulisan saya dengan meng-klik tombol Social Media yang tersedia.

Aku hanyalah kunang-kunang dan engkau hanyalah senja. Saat gelap kita berbagi. Saat gelap kita abadi. -Moammar EmkaClick To Tweet

Yuk, langganan blog saya via email untuk memastikan Anda tidak ketinggalan artikel seputar internet marketing.

Sumber:

Web Marketing Strategy Template

Belajar Internet Marketing Dari Nol

Lupakan semua teknik internet marketing

Teori Penetrasi Sosial

Belajar Internet Marketing dan Bisnis Online

  • Wahab Saputra

    Langsung download dah…

    • Silakan.. Semoga bermanfaat ya.

  • Blog Kopinet

    Kalimat ini yang paling ditunggu, Sederhananya, landing page adalah sebuah halaman web tempat pengunjung mendarat (landing). Sebuah halaman web yang Anda harap adalah yang pertama “kali dikunjungi”.

    salam kenal saja.

    Kunjungi juga internet marketer http://www.blogkopinet.web.id/2016/05/pengertian-internet-marketing-adalah.html

    • Salam kenal juga. Terima kasih sudah berkunjung.

  • Yosua Herbi

    Wah… Keren-keren gan…
    resepnya mantab buat ngembangin sedikit blog saya http://pedomane.blogspot.com/

    • Hai mas Yosua…

      Terima kasih. Semoga bermanfaat ya.

      Blognya mas keren dan inspiratif. Bakalan sering berkunjung nih saya : )

  • Indonesia Banking School

    terimaksih info tentang : TEMPLATE STRATEGI INTERNET MARKETING TERBAIK 2016 sangat bermanfaat.
    semoga website ini terus menyajikan info, berita, dan artikel yang menarik dan bermanfaat.

    • Terima kasih kembali.

  • Nisful Ardi

    Pas mampir ke blog ivan ini, saya dibuat menganga ketika membaca beberapa artikel.

    Artikel di blog mas ivan ini sangat menarik, terlebih postingan ini.

    Kita tahu, di jaman internet marketing ini orang muda pun bisa sukses dan menjadi enterprenuer dambaan banyak orang.

    Dan strstegi yang disampaikan mas ivan ini enak dibaca.. thanks infonya mas

    http://www.masardi.net

    • Halo mas Ardi,

      Terima kasih sudah mampir ke blogivan.
      Semoga postingannya bermanfaat ya mas.

      Saya juga sudah mampir ke blog mas Ardi… dan saya hampir tertipu.
      Tampilan blognya mas Ardi bagus dan loadingnya juga ringan.

      Gak nyangka kalau blog mas Ardi dibangun di atas platform blogger 😀

      Tulisannya sendiri keren-keren mas. Dan itu semua dibuat dalam waktu setahun?
      Benar-benar telaten dan perlu saya tiru.

      Thanks sudah berbagi mas Ardi.

  • Keren banget gan postingannya, pas banget buat ane yang lagi belajar internet marketing 😀 makasih banget mas ivan 😀

    http://jellygamatqnc123.com

    • sama-sama. Saya juga menemukan ini beberapa waktu yang lalu, dan saya rasa masih bermanfaat sampai saat ini…semoga bermanfaat ya.