Review – Cermati.com: Manfaat Kartu Kredit untuk Bisnis Online

Credit cards Français : Cartes de crédit Itali...

Credit cards Français : Cartes de crédit Italiano: Carte di credito Русский: Банковские карты Tiếng Việt: Thẻ tín dụng 中文: 信用卡 (Photo credit: Wikipedia)

Bahaya Terlilit Hutang Kartu Kredit itu Nyata! Harap Hati-hati Menggunakan Informasi Ini, Resiko Ditanggung Sendiri.

Kartu Kredit Berbahaya?

Ingatkah Anda akan rasa takut ketika pertama kali memiliki kartu kredit?

Ketakutan yang wajar, karena kita sudah sering mendengar berita tragis seputar penggunaan kartu kredit yang berlebihan. Selain itu, kita juga tahu adalah hal yang luar biasa berat untuk melawan nafsu berbelanja, bukan?

Dan Anda pasti setuju dengan pendapat bahwa kartu kredit adalah seperti pisau. Yang dapat digunakan dalam menyiapkan santapan lezat, tapi jika tidak hati-hati, dapat melukai diri sendiri dan orang lain.

Namun, di balik ‘keseramannya” kartu kredit memiliki segudang manfaat yang dapat Anda gunakan sesuai keperluan usaha maupun bisnis online.

Dalam artikel ini saya akan membahas mengenai:

  • Kegunaan Kartu Kredit untuk Bisnis Online
  • Manfaat Tersembunyi Dalam Kartu Kredit yang Tidak Terdapat Pada Kartu Debit Biasa
  • Review Cermati.com: Berguna untuk Membandingkan dan Memilih Kartu Kredit (serta layanan finansial lainnya) yang Terbaik untuk Anda

Manfaat artikel ini untuk Anda adalah:

  • Mengetahui Kegunaan Kartu Kredit secara spesifik untuk membangun aset online Anda
  • Mengenal lebih awal Cermati.com sebagai alat yang berguna bagi Anda untuk membandingkan dan memilih layanan finansial yang sesuai untuk Anda. Tidak lama lagi, start-up fintech seperti Cermati.com akan menjadi bagian dari gaya hidup.

Jika hal tersebut di atas berguna untuk Anda, yuk terusin baca.

MEMBANGUN BISNIS DAN ASET ONLINE DENGAN KARTU KREDIT ANDA

Dalam buku berjudul “Credit Card Revolution” Roy Shakti menceritakan bagaimana perjuangan kerasnya sebagai seorang agen properti tidak dapat mengantar dia kepada kesuksesan.

Pendapatan yang tidak tetap membuat Roy terjebak dalam hutang untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Sampai suatu titik dia berpikir tentang memulai usaha sendiri, tapi modal dari mana.

Roy menemui kebuntuan untuk mendapatkan modal, lalu entah dari mana tercetuslah ide untuk menggunakan kartu kreditnya sebagai modal awal. Padahal saat itu sisa limit kartu kredit Roy tinggal sekitar 3 juta rupiah saja.

Ini adalah kesempatan sekali tembak. Roy harus menggunakan kesempatan ini sebaik-baiknya.

Menang jadi naga, kalah jadi cacing adalah istilah yang tepat untuk menggambarkan keadaan Roy yang sedang tertekan sampai melewati batas.

Dengan kartu kreditnya Roy memutuskan membeli pakan burung secara kredit untuk dijual kembali. Keuntungannya dipakai untuk membayar hutang kartu kredit untuk kemudian diputar kembali.

Berkat usaha dan kegigihannya, Roy bisa menghasilkan pendapatan yang cukup untuk membayar hutang-hutangnya dan meraih kesuksesan yang selama ini diimpikannya.


Ada banyak tips dan trik mengenai penggunaan kartu kredit yang diutarakan oleh Roy dalam bukunya, tapi poin paling penting adalah ini:

Kita bisa menggunakan kartu kredit sebagai modal usaha. Sebagai hutang yang produktif, bukan sekedar konsumtif.

Ada banyak bisnis yang bisa Anda mulai dengan modal kartu kredit. Karena saya kurang paham mengenai pakan burung, dalam artikel kali ini saya mengambil contoh membangun bisnis online dasar.

Persiapan Bisnis Online

Bisnis online dasar yang saya maksud adalah dengan memiliki website atau toko online Anda sendiri. Berikut persiapannya:

1, Membeli nama domainNama domain (contoh: www.blogivan.com, cermati.com, dll) sering disamakan seperti membeli aset properti. Karena jika dikelola dengan benar, nama domain akan menjadi aset yang terus melambung nilainya.

Semakin terkenal suatu website, nama domainnya juga menjadi semakin bernilai. Sebut saja detik.com, kaskus.co.id, tokopedia.com. Nama domain tersebut telah menjadi branding atau merek ternama.

Nama domain dapat dibeli di penyedia domain seperti: godaddy.com, namecheap.com, name.com dan lain sebagainya. Mereka menerima pembayaran via kartu kredit. Harga rata-rata untuk domain yang belum terkenal ada di kisaran USD 10/tahun

Sekarang nama domain juga bisa dibeli di penyedia lokal. Nah, untuk penyedia lokal tersebut, pembayaran bisa dilakukan via transfer bank.

2. Menyewa hosting – Setelah membeli nama domain, Anda tentu membutuhkan server untuk memasang website Anda. Di sinilah para penyedia server hosting berperan.

Nama-nama seperti hawkhost, bluehost, hostgator adalah para penyedia hosting luar negeri yang banyak dipakai oleh IMers (internet marketers) Indonesia. Di dalam negeri kita memiliki masterweb, qwords, webhostmu.

Blogivan.com sendiri menggunakan hawkhost dengan biaya sebesar USD 11.85/ tiga bulan. Di sini kartu kredit berperan sebagai alat pembayaran untuk persiapan bisnis online.

3. Membeli Tools Internet Marketing – Untuk mempercepat perkembangan bisnis online, biasanya Imers ditemani oleh tools-tools internet marketing yang dijual secara digital di jagat maya.

Marketplace seperti jvzoo, clickbank dan website-website independen banyak menawarkan tools internet marketing. Contoh tools adalah website email marketing seperti aweber, getresponse atau mailchimp.

Tools seperti email marketing sangat penting keberadaannya untuk bisnis online. Anda dapat mengumpulkan database calon pelanggan Anda, mengirimkan email secara berkala dan mempromosikan produk yang Anda jual.

Database email ini menjadi milik Anda walaupun Anda berpindah-pindah provider email marketing sekalipun. Database ini adalah aset Anda.

Dan ya, tools internet marketing bisa dengan mudah didapatkan dengan menggunakan kartu kredit.

Mempromosikan Bisnis Online Anda

Anda sudah menyiapkan website Anda, saatnya promosi. Saat ini, setiap orang yang memiliki akses internet dan kartu kredit dapat beriklan online dengan murah, mudah dan cepat.

Google dan Facebook adalah penyedia jasa iklan yang diminati oleh para internet marketer. Dengan biaya minimal sebesar USD 5 saja, Anda bisa mulai beriklan.

Dengan produk yang bagus dan desain website yang menarik, beriklan di sosial media seperti Facebook adalah pilihan yang populer.

Manfaat Tersembunyi Kartu Kredit yang Tidak Terdapat Pada Kartu Debit Anda

Kebanyakan dari layanan yang saya sebutkan di atas sebenarnya bisa didapatkan tanpa menggunakan kartu kredit. Untuk layanan hosting lokal contohnya, Anda bisa menggunakan metode transfer antar bank.

Tapi dengan menggunakan kartu kredit ada kelebihan yang tidak bisa Anda dapatkan dari penggunaan kartu debit biasa.

Dengan menggunakan kartu kredit secara bertanggung jawab, Anda sedang membangun credit scoring Anda sendiri. Credit scoring ini seperti rekam jejak yang bisa diakses oleh para pemberi layanan finansial untuk mengetahui sejarah kondisi keuangan Anda. Tentu saja tanpa sepengetahuan Anda.

Credit scoring yang bagus (Anda dinyatakan sebagai pembayar hutang yang lancar dan memiliki tingkat gagal bayar yang rendah) bermanfaat antara lain:

  • mempercepat waktu yang dibutuhkan untuk memperoleh persetujuan kredit di masa depan (contoh: KPR, Kredit UKM, Kredit Kendaraan Bermotor, dll)
  • mendapat akses yang lebih luas kepada pemberi kredit dengan mengandalkan reputasi keuangan Anda tanpa harus tergantung pada kemampuan untuk menyediakan agunan.

Selain dari credit scoring, Anda tentu tahu bahwa kartu kredit memiliki segudang promo. Jika disikapi dengan bijak, bisa menjadi solusi untuk “lebih hemat dalam menikmati hidup”.

Sekarang Anda sudah tahu mengenai kegunaan dan manfaat tersembunyi kartu kredit. Selanjutnya, kita akan mengenal cermati.com untuk memilih kartu kredit pertama Anda.

Cermati.com – Cermat Memilih Layanan Keuangan

cermati-com-website-kartu-kredit

Dari hasil browsing lewat google translate (Indonesia -> Inggris), cermat dapat diartikan: berhati-hati, akurat, teliti, hemat, sederhana dan berjaga-jaga.

Cermati.com hadir sebagai solusi untuk memilih produk finansial.

Caranya?

Mereka menyediakan informasi yang up-to-date mengenai produk-produk keuangan, supaya Anda bisa cermat dan hati-hati dalam memilih produk yang benar-benar cocok untuk Anda.

Untuk memiliki kartu kredit biasanya bisa melalui sales representative yang sering Anda temui di pusat perbelanjaan.

Anda mengisi aplikasi. Memberikan data pribadi. Dihubungi pihak bank. Dan kalau lolos, kartu kredit segera dikirim menuju rumah atau kantor Anda. Anda sama sekali tidak memiliki informasi untuk membandingkan mana kartu kredit yang terbaik.

Dengan Cermati.com, Anda bisa menyaring dan memilih kartu kredit yang sesuai dengan kondisi keuangan dan tujuan Anda.cermati-com-website-pembanding-kartu-kredit

Kartu kredit terbaik? Sebenarnya tergantung dari cara Anda menggunakannya.

Apakah Anda berniat untuk membayar semua tagihan kartu kredit Anda setiap bulan tanpa terkecuali, atau Anda lebih memilih untuk mencicil? Apakah Anda akan menggunakannya untuk berbelanja atau hanya untuk darurat saja?

  • Jika Anda akan membayar tagihan secara penuh setiap bulan, itu berarti tingkat suku bunga kartu kredit tidak menjadi masalah untuk Anda. Sebaliknya cari kartu kredit yang gratis iuran tahunan dan masa tenggang yang lebih panjang supaya Anda tidak terkena overlimit fee.
  • Jika Anda berencana untuk membayar dengan cara mencicil, carilah kartu kredit dengan tingkat suku bunga paling rendah yang bisa Anda dapatkan.
  • Jika Anda akan memakainya untuk berbelanja, cari kartu kredit dengan limit yang banyak dan program rewards yang nyata manfaatnya.
  • Untuk darurat saja? Lupakan rewards. Cari kartu kredit dengan tingkat suku bunga rendah dan biaya yang rendah pula.

 

Kesimpulan: Manfaatkan Kartu Kredit, Sebelum dia Memanfaatkan Anda

Duh, serem banget ya. Jangan sampai deh terllilit hutang kartu kredit. Apalagi kalau hutangnya bersifat konsumtif. Gak worth it.

Walaupun saya memakai contoh bisnis online, ada banyak bisnis yang dapat Anda mulai dengan bermodalkan kartu kredit. Bekali diri Anda dengan pengetahuan dasar mengenai penggunaan kartu kredit. Carilah komunitas atau teman yang dapat membantu Anda terhindar dari kesalahan-kesalahan fatal seputar penggunaan kartu kredit.

Gunakan cermati.com untuk memilih kartu kredit yang sesuai dengan kondisi keuangan dan gaya hidup Anda.

Punya pengalaman menggunakan kartu kredit untuk bisnis online? Yuk, sharing di kolom komentar.

Ingin menerima update seputar internet marketing dan dunia blogging? Silakan sign-up melalui form yang tersedia. Saya menyiapkan sesuatu untuk Anda. Gratis