Cara Meningkatkan Traffic Blog dengan Facebook Page

“Traffic Bukanlah Masalahnya, Tapi Bagaimana Anda Mengarahkannya.”

Jadi Anda Ingin Tahu Cara Meningkatkan Traffic Blog dengan Facebook Page?

Pikirkanlah kemacetan di Jakarta, Bandung atau kota besar lainnya di Indonesia… ribuan angkot, bis dan truk pasir. Jutaan orang yang hilir mudik tanpa arah dan yang bisa Anda lihat dan dengar hanyalah KEBISINGAN.

cara meningkatkan traffic blog dengan facebook page
sumber: www.jokowicenter.com

Yang Anda Butuhkan Supaya Blog Anda Bisa Menghasilkan

Benar, traffic atau pengunjung blog adalah darah dari bisnis online dan blog Anda, tanpanya blog Anda bisa mati.

Masalahnya bukan hanya bagaimana mendatangkan pengunjung ke blog Anda, tapi mengarahkannya ke tempat di mana benar-benar menghasilkan.

Untuk itu Anda membutuhkan:

  • penawaran (produk Anda atau produk orang lain)
  • Anda juga membutuhkan tempat pengumpulan. Anda bisa membangun landing page untuk menjaring email dari target market Anda. Anda juga bisa membangun komunitas melalui media sosial, dalam artikel kali ini kita akan membahas Facebook Page
  • strategi yang terarah dan dapat dievaluasi efektifitasnya

Jika mampu melakukan ketiganya Anda akan menguasai seni dari social selling.

Facebook Page Sebagai Tempat Pengumpulan Database

Mengapa Facebook?

Sampai saat ini, Facebook masih satu-satunya website yang menyediakan data demografis lengkap dari target market Anda.

Contoh: jika Anda jualan kaus bola, Anda bisa mentargetkan iklan kaus bola kepada para pria atau wanita, usia 18 sampai 30an yang punya ketertarikan pada klub bola tertentu dan punya kebiasaan berbelanja via online. Dan ini hanya contoh, Anda bisa menentukan sendiri target audience Anda.

Kebayang kan betapa powerfulnya Facebook?

Maxmanroe.com menulis panduan tentang cara membuat facebook page di: Bagaimana Cara Membuat Facebook Page untuk Bisnis Anda

Tujuan Facebook Page (sering disebut juga Fan Page) adalah membangun likers atau fans sesuai target Anda.

Membangun Audience Facebook Page Anda

cara memasang iklan di facebook
Jenis Iklan: Promote Page

Darimana datangnya fans?

Ikuti langkah-langkah dasar berikut ini yang dipraktekkan oleh Andry Salim, penulis The Internet Millionaire:

  1. Pastikan page Anda sudah terdesain dengan baik dan memiliki informasi yang lengkap (profile picture, timeline cover, info, description serta beberapa konten awal yang relevan dengan blog Anda). Calon fans Anda harus sudah tahu dengan jelas apa isi Facebook Page Anda kurang dari 9 detik. Lihatlah contoh Facebook Page yang bagus dan berpengaruh di www.socialbakers.com
  2. Langkah kedua opsional: Dengan US$5 + jasa likers di Fiverr.com Anda akan mendapatkan beberapa ribu likers ‘tidak asli’ untuk page Anda. Hal ini supaya calon fans Anda tidak merasa sendirian dan lebih mudah untuk memberikan like. Opsional kok, Anda bisa langsung lompat ke langkah berikut.
  3. Pasang iklan untuk membangun fan base Anda. Para fans yang didapat adalah target audience yang memberikan like ketika melihat iklan Anda di wall-nya.
  4. Terus pasang iklan sampai mencapai 2000 fans. Pengalaman saya, dengan US$5 bisa mendapatkan sekitar 200 – 500 likes. Hal ini tergantung apakah desain iklan dan isi facebook page Anda menarik. Semakin menarik, semakin murah biaya iklannya. Cara mengukurnya adalah bandingkan reach dengan jumlah like yang didapat. Jika kurang dari 0.2%
  5. Yang kita inginkan adalah fans kita (berasa artis) terlibat secara aktif dengan konten yang kita buat. Ketika mereka like dan share postingan tertentu maka yang terjadi adalah fenomena viral content atau word of mouth. Anda bisa mendapat likes dan fans tambahan yang merupakan teman dari fans Anda. Dan bagian terbaiknya adalah: tanpa ngiklan alias gratis.
Hanya berikan konten yang berguna dan berkualitas untuk fans Anda. Facebook Page mewakili suara Anda dan blog Anda.
Secara berkala Anda dapat memasukkan link menuju artikel pada blog Anda. Dengan cara inilah Facebook Page mendatangkan pengunjung bagi blog Anda.

 

Suka Dengan Artikel Ini?
Langganan Email Yuk!
Join!
Bisa Berhenti Langganan Kapan Aja, Ayo Join Sekarang!